Best Blogger Tips

Sabtu, 10 September 2016

Psikologi Warna Part 1


“Aku gak mau ah cat tembok kamarku warna pink karena itu warna cewek”. “Wah bajumu merah membara, kayaknya lagi semangat nih”.

Dari beberapa statement yang pernah kita temui tersebut mengindikasikan bahwa setiap warna mampu memberikan kesan dan identitas tertentu sesuai kondisi sosial pengamatnya.

Jadi tidak salah ya jika kamu dianggap lagi berduka karena memakai pakaian hitam dan ada yang bilang kamu lagi jatuh cinta jika memakai pakaian pink (eciee :D). 

Warna tidak hanya berfungsi sebagai bentuk keindahan saja, tetapi dikenal mampu memberikan kesan seseorang pada saat pertama kali bertemu. So, sebaiknya kamu tidak memakai pakaian hitam polos kalau lagi blind date ya hehe. Nah, dalam dunia Psikologi barat, ilmu pengenalan tentang warna ini disebut dengan Colour Psychology.

Dalam Wikipedia, Psikologi warna merupakan studi tentang warna sebagai penentu perilaku manusia. Bahkan warna dalam dunia psikologi warna dikenal sebagai salah satu bentuk pengobatan penyakit psikologis, terapi ini dikenal sebagai Chromotherapi. 

Apapun perkembanganya, warna menjadi sesuatu yang penting terutama untuk memberi kesan positif pada kita. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui warna-warna berikut yang memiliki kesan berbeda untuk pemakainya.

Berikut penjelasannya warna-warna tersebut serta pengaruh psikologis dari si pemakai serta kapan saat waktu yang tepat untuk memakainya. 

Ada empat warna utama psikologis – merah, biru, kuning dan hijau. Warna-warna tersebut berhubungan masing-masing untuk tubuh, pikiran, emosi dan keseimbangan yang penting.

Namun disini akan dijelaskan 11 warna dasar sebagai sifat psikologis berikut pengaruh positif dan negatif dari warna-warna tersebut. Cek deh bagaimana warna favoritmu sedikit banyakanya berpengaruh terhadap kepribadianmu. Yuk mari...

_________________________________________________________________________________

MERAH 


Positif: keberanian fisik, kekuatan, kehangatan, energi, kelangsungan hidup dasar, ‘fight or flight’, stimulasi, maskulinitas, kegembiraan 

Negatif: tantangan, agresi, pengaruh visual, ketegangan


MENGENAL ARTI WARNA MERAH

Merah adalah warna yang kuat. Meskipun tidak secara teknis yang paling terlihat, ia memiliki properti untuk tampil agar lebih dekat daripada warna yang lain.

Oleh karena itu, pengguna warna merah mampu mencuri perhatian kita pertama kali. So, warna merah dianggap efektif dalam mengatur lalu lintas dan dipakai sebagai lampu lalu lintas di seluruh dunia. 

Merah adalah warna yang punya banyak arti, mulai dari cinta yang menggairahkan hingga kekerasan perang.

Warna ini tak cuma mempengaruhi psikologi tapi juga fisik. Penelitian menunjukkan menatap warna merah bisa meningkatkan detak jantung dan membuat kita bernapas lebih cepat. 

Kapan dipakai: Ini adalah warna yang dinamis dan dramatis. Bila dipakai dalam dunia profesional memiliki kesan yang sangat kuat. Tapi jangan gunakan baju merah saat wawancara kerja.

Warna ini bisa menimbulkan konflik saat negosiasi. Kenakan warna merah hanya sebagai aksen, misalnya kamisol merah yang dipadankan dengan blazer abu-abu. 

_________________________________________________________________________________

BIRU


Positif: Kecerdasan, komunikasi, kepercayaan, efisiensi, ketenangan, kewajiban, logika, kesejukan, refleksi, sensitif dan tenang. 

Negatif: Dingin, sikap acuh tak acuh, kemasaman, kurang emosi 


MENGENAL ARTI WARNA BIRU

Biru adalah warna pikiran dan pada dasarnya menenangkan. Ini adalah warna komunikasi yang jelas. Biru yang kuat akan merangsang pemikiran yang jernih dan ringan, biru lembut akan menenangkan pikiran dan konsentrasi bantuan.

Hasil yang didapat adalah mental tenang dan menenangkan. Makanya laut merupakan salah satu alternatif yang dikunjungi ketika kita merasa penat atupun stress.

Rasanya ketika melihat laut pikiran kita langsung rileks, setuju gak guys?

Biru adalah warna favorit dunia. Namun, dapat dianggap dingin, tanpa emosi dan tidak ramah. Biru memiliki arti stabil karena itu adalah warna langit.

Meski terkadang warna langit adalah kelabu dan akan hujan, kita tahu di atas awan-awan itu warna langit tetaplah biru. 

Kapan dipakai: Biru tua lebih cocok untuk acara formal atau seragam, sementara biru muda untuk yang sifatnya non formal. Untuk memberi kesan humor dan kreatifitas, cobalah campuran warna biru dan ungu. 

_________________________________________________________________________________

KUNING 


Positif: Optimisme, kepercayaan diri, harga diri, extraversion, kekuatan emosional, keramahan, kreativitas. 

Negatif: Irasionalitas, ketakutan, kerapuhan emosional, depresi, kecemasan, bunuh diri. 


MENGENAL ARTI WARNA KUNING

Gelombang warna kuning relatif panjang dan pada dasarnya merangsang. Dalam hal ini stimulus emosional, sehingga kuning adalah warna terkuat secara psikologis.

Warna kuning yang tepat akan mengangkat jiwa kita dan harga diri kita, itu adalah warna kepercayaan diri dan optimisme.

Terlalu banyak warna kuning atau dalam paduan yang salah dengan warna lain dalam skema warna, dapat menyebabkan harga diri menurun, sehingga menimbulkan ketakutan dan kecemasan.

Warna kuning akan meningkatkan konsentrasi, itu sebabnya warna ini dipakai untuk kertas legal atau post it. 

Kuning juga merupakan warna persahabatan. Jadi kamu sudah bisa menebak dong jika si dia memberi mawar kuning saat Valentine hehe..sabar yak.

Kapan dipakai: Banyak orang yang kurang pede memakai warna ini karena takut terlihat mencolok. Padahal warna kuning hadir dalam berbagai variasi, mulai dari pastel hingga kuning cerah.

Bila tak nyaman dengan busana warna ini, padankan dengan sesuatu yang disukai, misalnya tas bunga-bunga warna kuning. 

_________________________________________________________________________________

HIJAU 



Positif: Harmoni, ketenangan, penyegaran, cinta universal, istirahat, pemulihan, jaminan, kesadaran lingkungan, keseimbangan, keberuntungan dan kedamaian. 

Negatif: Kebosanan, stagnasi, lemah lembut, kelemasan


MENGENAL ARTI WARNA HIJAU

Warna hijau yang mencolok mata sedemikian rupa tidak memerlukan penyesuaian apapun dan karena sifatnya yang menenangkan. 

Berada di tengah spektrum, hijau adalah warna keseimbangan, konsep yang lebih penting daripada yang banyak orang sadari.

Hijau melambangkan alam, kehidupan dan simbol kesuburan. Para pengantin abad 15 menggunakan gaun pengantin berwarna hijau. 

Secara negatif, hijau dapat menunjukkan stagnasi dan bila salah digunakan akan dipandang sebagai terlalu hambar. 

Kapan dipakai: Warna hijau cocok dipakai untuk sore hari. Sedangkan hijau pastel cocok untuk siang hari. 

_________________________________________________________________________________

UNGU



Positif: kesadaran spiritual, penahanan, visi, kemewahan, keaslian, kebenaran, kualitas. 

Negatif: introversi, kemunduran, penindasan, rendah diri. 




MENGENAL ARTI WARNA UNGU

Kebanyakan orang menganggap warna ungu adalah warna janda. Namun warna ungu membawa kesadaran pikiran ke tingkat lebih tinggi, bahkan ke dalam alam nilai-nilai spiritual. 

Hal ini sangat introvertif dan mendorong perenungan yang mendalam, atau meditasi.

Ungu biasanya diasosiasikan dengan kebangsawanan dan mengkomunikasikan kualitas kemungkinan terbaik. 

Penggunaan warna ungu yang berlebihan dapat membawa terlalu banyak introspeksi dan nada yang keliru.

_________________________________________________________________________________

ORANGE



Positif: Fisik kenyamanan, makanan, kehangatan, keamanan, sensualitas, gairah, kelimpahan, menyenangkan. 

Negatif: Perampasan, frustrasi, kesembronoan, ketidakdewasaan.


MENGENAL ARTI WARNA ORANGE

Orange merupakan kombinasi warna merah dan kuning. Selain itu, orange adalah warna yang “merangsang” dan reaksi itu adalah kombinasi dari fisik dan emosional. 

Ini berfokus pikiran kita tentang isu-isu kenyamanan fisik seperti makanan, kehangatan, penampungan dan sensualitas. Orange adalah warna yang ‘menyenangkan’. 

Secara negatif, jingga mungkin fokus pada kekurangannya. Hal ini sangat mungkin terjadi ketika jingga hangat digunakan dengan hitam.

Terlalu banyak orange menunjukkan kesembronoan dan kurangnya nilai-nilai intelektual.

2 komentar:

  1. konsep blognya bagus.. kontentnya upmarket. btw bikin character sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah mengunjungi blog kami :)
      iya kak, semua karakter disini kami buat sendiri :)

      Hapus