Best Blogger Tips

Selasa, 16 Agustus 2016

Psikologi sebagai Ilmu


Selamat datang di psikologi...


Wahai para calon mahasiswa psikologi atau yang hanya ingin kepo tentang psikologi atau yang menganggap kalo psikologi itu hanya mempelajari cara menangani orang stress (hayoo..wkwkw), disini akan dibahas apa sih psikologi itu?. 

Sebelum lebih jauh kita membahasnya, berikut ada paparan beberapa tokoh psikologi mengenai definisi psikologi. Here we go...

  1. Dari segi ilmu bahasa, psikologi (psyche : jiwa, logos : ilmu pengetahuan). Jadi, psikologi diartikan sbg ilmu pengetahuan ttg jiwa / ilmu jiwa. (Walgito, 2004)
  2. Psychology is the scientific study of behavior and mental processes. (Santrock, 1991)
  3. Psychology is the science of behavior and mental processes. (Lahey, 1986)
 

Dari beberapa pengertian tersebut, ada 3 hal penting dalam psikologi, yaitu :


  • Science (ilmu pengetahuan) 

Unsur pertama dari psikologi adalah ilmu pengetahuan karena dalam pelaksanaannya, psikologi menggunakan metode ilmiah. Ilmu pengetahuan ini mencakup observasi yang sistematis untuk memahami behavior dan mental processes. 




  • Behavior (perilaku)

Behavior atau perilaku merupakan unsur penting juga yang terdapat dalam psikologi karena pada dasarnya, psikologi merupakan pengamatan perilaku dari suatu objek. So, everything we do that can be directly observed.



  • Mental processes (proses mental)

Proses mental merupakan unsur psikologi yang lebih rumit daripada perilaku. Jika perilaku dapat langsung dilihat secara langsung, maka proses mental tidak dapat diobservasi secara langsung. Proses mental menggambarkan pikiran, perasaan, dan motif-motif yang masing-masing kita alami secara pribadi. Biasanya diukur melalui pengukuran respons.



Tujuan Psikologi 

(Goals of Psychology)

Pada dasarnya, seseorang mempelajari psikologi adalah menjadikan manusia supaya hidupnya menjadi lebih baik, bahagia dan sempurna. Betulkah demikian?. 

Nyatanya, psikologi dalam peranannya telah banyak membantu persoalan-persoalan manusia di sekolah, perusahaan, maupun di sektor-sektor lain. 

Sebagai ilmu terapan, psikologi bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah khusus. Para sarjana psikologi menggunakan pengetahuan ilmiah dasar untuk merancang, mengimplementasi, dan menggunakan program-program dalam rangka melakukan intervensi. 

Nah dari pemaparan tersebut, ada 5 tujuan mempelajari ilmu psikologi.


  • Untuk mendeskripsikan individu dan species lain berperilaku. 

Dalam hal ini, psikologi bertujuan untuk menggambarkan dan menerangkan suatu perilaku


  • Untuk memahami penyebab timbulnya perilaku. 


Untuk memahami penyebab timbulnya perilaku, seseorang harus menyusun teori (hukum dan ketentuan mengenai hubungan atas peristiwa/kondisi satu dengan yang lain)


  • Untuk memprediksi bagaimana perilaku akan terjadi pada kondisi-kondisi tertentu

  • Untuk mempengaruhi perilaku melalui kendali atas penyebab terjadinya suatu hal
  • Untuk menerapkan ilmu psikologi dalam meningkatkan kesejahteraan umat manusia



Sedikit banyaknya sudah ada gambaran kan apa itu ilmu psikologi, unsur-unsur dan tujuannya. Sekarang kamu sudah resmi menjadi calon Psikolog handal setelah membaca artikel dan komik ini.

SELAMAT MEMASUKI DUNIA PSIKOLOGI !!!


Sumber: Materi kuliah Psikologi Umum

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar